Konseling dan Pendidikan Tidak Terpisahkan

By Administrator 13 Mei 2016, 00:00:16 WIB Pengumuman

Konseling dan pendidikan merupakan dua hal yang tidak dapat dipisahkan. Keduanya adalah bagian terpenting, dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Sehingga nantinya akan membuat seseorang mampu mempelajari kehidupan dengan nyaman dan sempurna.

“Keduanya harus menyatu, bila ingin meningkatkan kualitas pendidikan,” kata Gubernur NTB DR TGH M Zainul Majdi saat memberikan sambutan dalam acara seminar bertajuk International Conference on Counseling and Education, di Hotel Grand Legi Mataram.

Menurut gubernur, saat ini pemerintah fokus memenuhi pendidikan dasar. Tetapi, pendidikan menengah juga penting. Melalui pendidikan, sebuah bangsa bakal maju.

Gubernur mencontohkan, India mampu menciptakan orang-orang pintar dari anak-anak bangsanya. Mereka mengirimkan generasi muda ke luar negeri untuk bersekolah, bukan menjadi tenaga kerja. Sehingga tidak mengherankan India sangat berkembang.

“Pendidikan makin berkualitas ketika keberpihakan pemerintah juga tinggi,” tuturnya.

Ketua Universitas Hamzanwadi Ir Hj Siti Rohmi Djalillah menuturkan, pihaknya komitmen menyelenggarakan acara ini setiap tahunnya. Pasalnya, konseling sangat membantu dalam proses pendidikan.

“Seperti kata gubernur, konseling tidak bisa dipisahkan dengan pendidikan,” katanya pada sejumlah wartawan.

Begitu pula dengan teknologi, lanjut dia, sangat penting dimasukkan dalam kurikulum pendidikan. Salah satu materi yang dibahas adalah membangun karakter. Dimana membuat siswa memahami apa yang dipelajari di sekolah. Tidak hanya sekedar teori semata.

“Pendidikan ini betul-betul membentuk manusianya,” tegasnya.

Dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA), sambung dia, tenaga pengajar yang ada harus berkualitas. Bila tidak, pengajar ini akan diisi dari luar negeri. Sehingga pengajar di daerah tidak bisa berkembang, dan hanya menjadi penonton.

“Makanya pendidikan harus berkualitas, bahasa internasional harus dikuasai, dan budaya kerja harus ditingkatkan,” tandasnya.