Katalog Kurikulum PG PAUD

By Administrator 13 Mei 2019, 15:43:54 WIB

KURIKULUM PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (PG PAUD)

Program Studi S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PG PAUD) Universitas Hamzanwadi menggunakan kurikulum berorientasi Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI). Dokumen kurikulum Program Studi PG PAUD  Universitas Hamzanwadi dituangkan dalam katalog kurikulum Sebagai Berikut

Katalog Kurikulum PG PAUD Universitas Hamzanwadi   DOWNLOAD

 

KURIKULUM PROGRAM STUDI

  1. Rumusan Standar Kompetensi Lulusan

Lulusan Program Studi PG-PAUD memiliki beberapa standar kompetensi yang harus dimiliki sesuai dengan profil lulusan yang telah dirumuskan.

  1. Kompetensi Utama
  1. Deskripsi Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia Jenjang Kualifikasi 6
      1. Mampu memanfaatkan IPTEKS dalam bidang keahliannya dan mampu beradaptasi terhadap situasi yang  dihadapi dalam penyelesaian masalah.
      2. Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu secara umum dan konsep teoritis bagian khusus dalam bidang pengetahuan tersebut secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural
      3. Mampu mengambil keputusan strategis berdasarkan analisis informasi dan data serta memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif solusi.
      4. Bertanggungjawab pada pekerjaan sendiri dan dapat diberi tanggungjawab atas pencapaian hasil kerja organisasi
  2. Para lulusan Program Studi PG-PAUD jenjang sarjana diharapkan memiliki kompetensi utama berikut.
  1. Menguasai landasan religius, filosofis, yuridis, antopologis, psikologis, sosilogis, dan pedagogik PAUD.
  2. Menguasai perkembangan dan belajar anak usia dini
  3. Menguasai konsep hidup sehat, prinsip-prinsip dan teknik pengasuhan untuk mengoptimalkan perkembangan anak usia dini
  4. Menguasai teori belajar dan pembelajaran PAUD serta pendekatan-pendekatan yang dapat mengoptimalkan potensi perkembangan anak usia dini
  5. Menguasai pembelajaran anak usia dini
  6. Menguasai kurikulum PAUD
  7. Menguasai asesmen perkembangan anak usia dini dan evaluasi program pembelajaran di lembaga PAUD
  8. Menguasai konsep pengembangan profesionalisme
  9. Menguasai pengelolaan penyelenggaraan PAUD
  10. Menguasai konsep dan prinsip berkomunikasi pada anak, orang tua dan rekan sejawat
  11. Menyusun perencanaan dan melaksanakan pembelajaran melalui kegiatan bermain sesuai dengan perkembangan anak, pengetahuan dan teknologi yang dilandasi nilai-nilai budaya bangsa
  12. Mengkonstruksi, memodifikasi, menganalisis, menciptakan secara terstruktur media pembelajaran (APE) sesuai tahapan perkembangan anak usia dini
  13. Mengeksplorasi dan mengekspresikan diri secara kreatif serta berimajinasi dengan gerakan, musik, drama seni rupa
  14. Mengimplementasikan kurikulum di lembaga PAUD
  15. Menentukan berbagai alternatif pemecahan masalah anak usia dini secara mandiri atau kelompok untuk pengambilan keputusan yang tepat
  16. Merencanakan, melaksanakan, menganalisis dan melakukan inovasi pembelajaran pada bidang PAUD
  17. Melakukan pengelolaan kelas dan lingkungan pembelajaran yang kondusif
  18. Mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjutan melalui tindakan reflektif
  19. Melakukan komunikasi yang efektif dengan anak, teman sejawat, orang tua, masyarakat, instansi terkait lainnya
  20. Menggunakan teknologi informasi dan komunikasi

 

  1. Kompetensi Pendukung
        1. Menerapkan kemampuan emosional dan spiritual dalam mendidik anak usia dini baik yang tidak maupun yang dengan kebutuhan khusus dalam pengelolaan PAUD
        2. Mengembangkan semangat kewirausahaan dalam pengembangan pendidikan anak usia dini.

 

Setiap capaian pembelajaran yang dirumuskan pada kurikulum program studi PG-PAUD menunjukkan posisi capaian level KKNI dan elemen kompetensi sebagai berikut.

 

Tabel 1. Penetapan Capaian Level KKNI

No

Capaian Pembelajaran

Level KKNI (berdasar level 6)

1

2

3

4

 

1

Menguasai landasan religius, filosofis, yuridis, antopologis, psikologis, sosilogis, dan pedagogik PAUD.

 

 

 

 

 

 

2

Menguasai perkembangan dan belajar anak usia dini

 

 

 

 

 

3

Menguasai konsep hidup sehat, prinsip-prinsip dan teknik pengasuhan untuk mengoptimalkan perkembangan anak usia dini

 

 

 

 

4

Menguasai teori belajar dan pembelajaran PAUD serta pendekatan-pendekatan yang dapat mengoptimalkan potensi perkembangan anak usia dini

 

 

 

 

 

5

Menguasai pembelajaran anak usia dini

 

 

 

 

6

Menguasai kurikulum PAUD

 

 

 

 

 

7

Menguasai asesmen perkembangan anak usia dini dan evaluasi program pembelajaran di lembaga PAUD

 

 

 

 

 

 

8

Menguasai konsep pengembangan profesionalisme

 

 

 

 

 

9

Menguasai pengelolaan penyelenggaraan PAUD

 

 

 

 

 

10

Menguasai konsep dan prinsip berkomunikasi pada anak, orang tua dan rekan sejawat

 

 

 

 

 

11

Menyusun perencanaan dan melaksanakan pembelajaran melalui kegiatan bermain sesuai dengan perkembangan anak, pengetahuan dan teknologi yang dilandasi nilai-nilai budaya bangsa

 

 

 

 

 

12

Mengkonstruksi, memodifikasi, menganalisis, menciptakan secara terstruktur media pembelajaran (APE) sesuai tahapan perkembangan anak usia dini

 

 

 

 

 

13

Mengeksplorasi dan mengekspresikan diri secara kreatif serta berimajinasi dengan gerakan, musik, drama seni rupa

 

 

 

 

 

14

Mengimplementasikan kurikulum di lembaga PAUD

 

 

 

 

 

15

Menentukan berbagai alternatif pemecahan masalah anak usia dini secara mandiri atau kelompok untuk pengambilan keputusan yang tepat

 

 

 

 

 

16

Merencanakan, melaksanakan, menganalisis dan melakukan inovasi pembelajaran pada bidang PAUD

 

 

 

 

 

17

Melakukan pengelolaan kelas dan lingkungan pembelajaran yang kondusif

 

 

 

 

 

18

Mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjutan melalui tindakan reflektif

 

 

 

 

 

19

Melakukan komunikasi yang efektif dengan anak, teman sejawat, orang tua, masyarakat, instansi terkait lainnya

 

 

 

 

 

20

Menggunakan teknologi informasi dan komunikasi

 

 

 

 

 

21

Menerapkan kemampuan emosional dan spiritual dalam mendidik anak usia dini baik yang tidak maupun yang dengan kebutuhan khusus dalam pengelolaan PAUD

 

 

 

 

 

22

Mengembangkan semangat kewirausahaan dalam pengembangan pendidikan anak usia dini.

 

 

 

 

 

 

Keterangan :

1. Pemanfaatan IPTEK

2. Penguasaan konsep

3. Pengambilan Keputusan

4. Pertanggungjawaban (Akuntabilitas)